DAFTAR MATA KULIAH REKOGNISI DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN BENTUK PEMBELAJARAN PADA LEMBAGADI LUAR PERGURUAN TINGGI
No |
Kode Mata Kuliah |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
Capaian Pembelajaran |
Bentuk Pembelajaran Magang Bersertifikat |
||||
1 |
AND60201 |
Organisasi Perusahaan |
2 |
1. Mampu mendeskripsikan keterkaitan antara visi, misi, tujuan dan sasaran perusahaan; 2. Mampu menganalisis struktur organisasi perusahaan dalam mendukung visi, misi, tujuan dan sasaran; 3. Mampu mendeskripsikan tata kelola unit kerja secara sistematis. |
2 |
AND60202 |
Pelatihan Kerja |
2 |
1. Menguasai konsep-konsep yang menunjang jenis pekerjaan pada program magang; 2. Mampu mengenali nilai-nilai inti (core values), sikap (attitude), softskills dan hardskills yang dibutuhkan untuk bekerja. |
3 |
AND60203 |
Keterampilan Kerja |
8 |
|
4 |
AND60204 |
Sertifikasi Magang |
2 |
Mampu melaksanakan suatu pekerjaan pada bidang tertentu secara terukur mencakup aspek kemandirian dan tanggung jawab individu selama program magang. |
Bentuk Pembelajaran Membangun Desa/Nagari |
||||
5 |
AND60205 |
Pemetaan Potensi dan Permasalahan Desa/Nagari |
3 |
1. Mampu menganalisis sumber-sumber data primer dan sekunder yang ada di desa/nagari; 2. Mampu mendeskripsikan potensi dan permasalahan yang ada di desa/nagari; 3. Mampu bekerja sama dalam tim, melakukan komunikasi dan penyesuaian diri dengan masyarakat dan perangkat desa/nagari; 4. Mampu bersikap sopan dan santun serta menghargai keberagaman yang ada di masyarakat; 5. Mampu melaporkan hasil pemetaan potensi dan permasalahan desa/nagari secara lisan dan tulisan. |
6 |
AND60206 |
Pembangunan Masyarakat |
2 |
1. Mampu mengenal masyarakat pedesaan/nagari; 2. Mampu menjelaskan tentang proses sosial dan kelembagaan (desa/nagari dan pemukiman, struktur, nilai dan normal); 3. Mampu menentukan faktor-faktor perubahan dan partisipasi dalam kelompok; 4. Mampu menerapkan prinsip partisipasi dalam pembangunan; 5. Mampu mengimplementasikan peran lembaga dan organisasi untuk melayani masyarakat desa/nagari; 6. Mampu menyusun makalah tentang pembangunan masyarakat pedesaan/nagari |
7 |
AND60207 |
Pengembangan Desa |
6 |
1. Mampu menerapkan teori dan konsep membangun desa/nagari pada jenis kegiatan yang ditetapkan dalam kegiatan membangun desa/nagari; 2. Mampu merancang inovasi solusi permasalahan di desa/nagari; 3. Mampu mengkomunikasikan inovasi yang telah dibuat bersama dengan perangkat desa/nagari, tokoh masyarakat dan masyarakat desa/nagari; 4. Mampu mengelola pelaksanaan kegiatan yang dipilih dalam membangun desa/nagari mulai dari perencanaan sampai evaluasi kegiatan; 5. Mampu bertanggung jawab, disipin, jujur, berintegritas (etika dan moral), patuh terhadap adat istiadat setempat, dan menghargai masyarakat dalam bekerja; 6. Mampu bekerja sama dengan unsur-unsur masyarakat desa/nagari dalam melaksanakan kegiatan; 7. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam melaporkan hasil kegiatan. |
Bentuk Pembelajaran Proyek Kemanusiaan |
||||
8 |
AND60208 |
Manajemen Proyek Kemanusiaan |
3 |
1. Mampu menjelaskan teori dan konsep manajemen proyek; 2. Mampu menjelaskan sistem pengelolaan fungsional dan operasional proyek kemanusiaan (planning, organizing, staffing, leading, controlling) yang efektif dan efisien. |
9 |
AND60209 |
Metodologi Proyek Kemanusiaan |
2 |
1. Mampu menyusun perencanaan, pembiayaan, studi kelayakan, dan prosedur asesmen dalam kegiatan proyek kemanusiaan; 2. Mampu melaksanakan pengorganisasian pihak pemerintah dan non-pemerintah dalam kegiatan proyek kemanusiaan.
|
10 |
AND60210 |
Praktek Pemberdayaan Manusia |
|
1. Mampu manerapkan teori dan konsep manajemen proyek pada jenis kegiatan yang ditetapkan dalam proyek kemanusiaan; 2. Mampu merancang solusi permasalahan sosial kemanusiaan; 3. Mampu menyampaikan ide dan gagasan kegiatan proyek kemanusiaan kepada pihak-pihak berkepentingan; 4. Mampu mengelola pelaksanaan kegiatan proyek kemanusiaan mulai dari perencanaan sampai evaluasi kegiatan; 5. Mampu bertanggung jawab, disiplin, jujur, berintegritas (etika dan moral), patuh terhadap adat istiadat setempat, dan menghargai masyarakat dalam melaksanakan kegiatan; 6. Mampu bekerja sama dengan semua pihak berkepentingan dalam melaksanakan kegiatan; 7. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam melaporkan hasil kegiatan. |
Bentuk Pembelajaran Penanggulangan Bencana |
||||
11 |
AND60211 |
Manajemen Bencana |
2 |
1. Mampu menjelaskan defisini bencana; 2. Mampu mengetahui siklus manajemen bencana: mitigasi, kesiapsiagaan, kedaruratan dan pemulihan bencana; 3. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis bencana; 4. Mampu menjelaskan prinsip dasar pengurangan risiko bencana, mencakup: mengidentifikasi bahaya (hazard), kerentanan (vulnerability), kapasitas, dan keterpaparan (exposure); 5. Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan manfaat jenis-jenis teknologi dalam penanggulangan bencana (sistem informasi dan komunikasi); 6. Mampu menjelaskan dan menganalisis proses pemulihan bencana dari semua aspek kehidupan; 7. Mampu menganalisis dan menjelaskan timbulnya bencana turunan pada peristiwa bencana. |
12 |
AND60212 |
Mitigasi Bencana |
3 |
1. Mampu mensimulasikan upaya pengurangan risiko bencana pada beberapa kasus bencana dan dampaknya pada keberlanjutan kehidupan; 2. Mampu melakukan tindakan penyelamatan, pemulihan dan pengurangan risiko bencana sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing; 3. Mampu melaporkan secara tertulis kegiatan penyelamatan, pemulihan, dan pengurangan risiko bencana sesuai bidang ilmu masing-masing. |
13 |
AND60213 |
Penanggulangan Bencana |
6 |
1. Mampu melaksanakan kegiatan penanggulangan pada masa pra bencana, tanggap darurat atau pasca bencana; 2. Mampu bekerja sama dalam kegiatan penanggulangan pada masa pra bencana, tanggap darurat atau pasca bencana; 3. Mampu melakukan komunikasi dengan segala pihak yang terlibat; 4. Mampu bertanggung jawab, empati, dan peduli terhadap permasalahan pada saat penanggulangan bencana. |
Bentuk Pembelajaran Kegiatan Wirausaha |
||||
14 |
AND60214 |
Pengantar Bisnis |
2 |
1. Mampu mengetahui teori dan konsep dasar bisnis; 2. Mampu membedakan bentuk-bentuk bisnis perorangan dan usaha; 3. Mampu menyerap inspirasi tentang dunia bisnis dan operasionalnya; 4. Mampu menjelaskan proses legalitas usaha dan perusahaan. |
15 |
AND60215 |
Manajemen Bisnis |
3 |
1. Mampu menjelaskan teori dan konsep dasar ilmu manajemen; 2. Mampu menjelaskan manajemen pemasaran; 3. Mampu menjelaskan manajemen keuangan bisnis; 4. Mampu menjelaskan manajemen personalia bisnis; 5. Mampu menjelaskan manajemen leadership dalam bisnis; 6. Mampu menjelaskan teori dan konsep dasar etika bisnis; 7. Mampu menjelaskan manajemen operasional bisnis; 8. Mampu menyusun makalah tentang core values dan attitude serta softskills yang mendukung leadership dalam berbisnis. |
16 |
AND60216 |
Pemasaran Digital |
2 |
1. Mampu menjelaskan teori dan konsep dasar pemasaran; 2. Mampu membedakan antara pemasaran conventional dan pemasaran digital. |
17 |
AND60217 |
Keuangan Bisnis |
3 |
1. Mampu menjelaskan teori dan konsep dasar keuangan bisnis; 2. Mampu membukukan keuangan bisnis; 3. Mampu menyusun sumber dan pelaporan keuangan usaha; 4. Mampu menghitung neraca rugi laba. |
18 |
AND60218 |
Analisis Lingkungan Usaha |
2 |
1. Mampu menganalisis peluang suatu jenis kegiatan wirausaha inovatif dan menguntungkan; 2. Mampu memetakan segmen pasar dari produk kegiatan wirausaha yang akan dilakukan. |
19 |
AND60219 |
Studi Kelayakan dan Rencana Bisnis |
3 |
1. Mampu merencanakan legalitas pasar; 2. Mampu merencanakan keuangan usaha; 3. Mampu merencanakan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam usaha; 4. Mampu merencanakan teknologi yang digunakan dalam usaha; 5. Mampu merencanakan perizinan usaha; 6. Mampu memproyeksikan usaha; 7. Mampu mendesain suatu jenis kegiatan wirausaha; 8. Mampu mengkomunikasikan rencana bisnis secara lisan dan tulisan. |
20 |
AND60220 |
Praktek Wirausaha |
5 |
1. Mampu menjalankan praktek wirausaha sesuai dengan desain kegiatan wirausaha; 2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil wirausaha secara lisan dan tulisan. |
Bentuk Pembelajaran Proyek Independen |
||||
21 |
AND60221 |
Sistem dan Inovasi |
2 |
1. Mampu menjelaskan komponen atau elemen yang saling berinteraksi dalam membangun produk/karya inovatif; 2. Mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam memberikan nilai tambah dalam sebuah produk/karya inovatif. |
22 |
AND60222 |
Metodologi Penelitian Pengembangan |
2 |
1. Mampu memilih rancangan yang tepat dalam proyek dan pengembangan untuk menghasilkan produk/karya inovatif; 2. Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data hasil proyek independen. |
23 |
AND60223 |
Rencana Proyek dan Pengembangan |
2 |
1. Mampu merumuskan gagasan dalam sebuah rencana proyek dan pengembangan produk/karya inovatif; 2. Mampu bekerja sama dalam tim dengan pembagian tugas dalam merencanakan proyek dan pengembangan produk/karya inovatif. 3. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif. |
24 |
AND60224 |
Produk/Karya Inovatif |
8 |
1. Mampu menerapkan teori dan konsep dalam proyek independen dan pengembangan produk/karya inovatif; 2. Mampu melaksanakan kegiatan proyek dan pengembangan produk/karya inovatif berdasarkan metodologi yang telah direncanakan; 3. Mampu bekerja sama dalam tim dalam pelaksanaan proyek dan pengembangan untuk menghasilkan produk/karya inovatif; 4. Mampu menampilkan produk/karya inovatif dalam ajang kompetisi pada tingkat nasional dan/atau internasional. |
Bentuk Pembelajaran Asistensi Riset/Penelitian |
||||
25 |
AND60225 |
Keselamatan Laboratorium/Bengkel/ Studio/Lapangan |
2 |
1. Mampu bersikap hati-hati dalam melakukan kegiatan asistensi riset/penelitian; 2. Mampu berperilaku yang memenuhi standar aspek-aspek keselamatan kerja di laboratorium/bengkel/ studio/lapangan. |
26 |
AND60226 |
Operasional Instrumen Riset |
2 |
Mampu mengoperasikan peralatan-peralatan dasar yang umumnya digunakan dalam kegiatan-kegiatan eksperimen/observasi/survei di laboratorium/bengkel/studio/lapangan |
27 |
AND60227 |
Analisis Data Eksperimen/Observasi/ Survei |
2 |
Mampu menggunakan instrumen-instrumen, perangkat (tools) dan perangkat lunak (software) analisis terhadap data yang dihasilkan dalam kegiatan riset/penelitian |
28 |
AND60228 |
Asistensi Riset |
6 |
1. Mampu menerapkan teori dan konsep riset/penelitian pada jenis pekerjaan yang ditetapkan dalam asistensi riset/penelitian; 2. Mampu melaksanakan jenis pekerjaan yang ditetapkan dalam asistensi riset/penelitian; 3. Mampu bertanggung jawab, disiplin, jujur, berintegritas (etika dan moral), patuh terhadap aturan, dan menghargai keberagaman tempat asistensi riset/penelitian; 4. Mampu menyelesaikan masalah dan bekerja sama dengan tim dalam melaksanakan pekerjaan asistensi riset/penelitian; 5. Mampu mengembangkan diri atau belajar sepanjang hayat (life-long learning) untuk menguasai pekerjaan dengan lebih baik selama asistensi riset/penelitian. |
29 |
AND60229 |
Komunikasi Ilmiah |
2 |
Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian secara lisan dan tulisan dalam suatu forum dan/atau media publikasi sesuai bidang yang bersangkutan dengan norma dan kaidah ilmiah yang diakui secara universal |
Bentuk Pembelajaran Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan |
||||
30 |
AND60230 |
Media Pembelajaran |
2 |
1. Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang media pembelajaran yang mencakup: pengertian, fungsi, jenis, dan karakteristik media pembelajaran; 2. Mampu memilih jenis media, membuat desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran, terutama media pembelajaran yang berbasis ICT; 3. Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan pemahaman tentang media pembelajaran. |
31 |
AND60231 |
Desain Pembelajaran |
2 |
1. Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang desain pembelajaran yang mencakup komponen dan proses penyusunan perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum dan metode, model, dan pendekatan pembelajaran yang inovatif; 2. Mampu memilih model/metode/ pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan dalam pembelajaran; 3. Mampu merancang sebuah perangkat pembelajaran berdasarkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di kelas; 4. Mampu memodifikasi model pembelajaran secara aplikatif dan inovatif; 5. Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan pemahaman tentang desain pembelajaran |
32 |
AND60232 |
Evaluasi Pembelajaran |
2 |
1. Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang evaluasi pembelajaran yang meliputi: konsep dasar pengukuran dan evaluasi dalam pembelajaran, jenis-jenis instrumen penilaian, karakteristik dan kriteria instrumen penilaian yang baik, dan pengolahan skor; 2. Mampu merancang instrumen penilaian untuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan; 3. Mampu merancang dan menggunakan rubrik penilaian; 4. Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan pemahaman tentang evaluasi pembelajaran. |
33 |
AND60233 |
Telaah Kurikulum Satuan Pendidikan |
2 |
1. Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang kurikulum satuan pendidikan yang meliputi minimal: standar kompetensi, standar isi, standar proses, dan standar penilaian; 2. Mampu menelaah silabus kurikulum; 3. Mampu merancang perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah silabus yang mencakup minimal: indikator, materi, strategi pembelajaran, penilaian, media, dan sumber belajar; 4. Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan pemahaman tentang kurikulum satuan pendidikan. |
34 |
AND60234 |
Praktek Lapangan Pembelajaran |
8 |
1. Mampu merencanakan pembelajaran pada satuan pendidikan; 2. Mampu melaksanakan pembelajaran pada satuan pendidikan; 3. Mampu melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran pada satuan pendidikan; 4. Mampu mengkomunikasikan laporan pelaksanaan asistensi mengajar secara lisan dan tulisan. |
35 |
AND60235 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
2 |
1. Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang metodologi penelitian pendidikan yang meliputi penelitian pengembangan, penelitian eksperimen semu, dan penelitian tindakan kelas; 2. Mampu merancang suatu penelitian tindakan kelas; 3. Mampu melaksanakan suatu penelitian tindakan kelas; 4. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian tindakan kelas secara lisan dan tulisan. |
36 |
AND60236 |
Pembelajaran Mikro |
2 |
1. Mampu menjelaskan konsep teoritis keterampilan dasar mengajar; 2. Mampu merancang rencana pembelajaran berdasarkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan; 3. Mampu merancang media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan; 4. Mampu mengimplementasikan semua perangkat pembelajaran; 5. Mampu menerapkan keterampilan dasar mengajar secara utuh dan terintegrasi; 6. Mampu mengelola kelas. |
Bentuk Pembelajaran Studi Independen |
||||
37 |
AND60237 |
Praktek Studi Independen |
4 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran. |
38 |
AND60238 |
Sertifikasi Studi Independen |
2 |
Mampu melaksanakan kegiatan studi independen dengan baik pada bidang studi tertentu mencakup aspek kemandirian, kerja tim dan tanggung jawab individu selama kegiatan studi independen |
Mata Kuliah Rekognisi lainnya |
||||
39 |
AND60275 |
Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IA |
2 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
40 |
AND60276 |
Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IB |
3 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
41 |
AND60277 |
Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IIA |
2 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
42 |
AND60278 |
Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IIB |
3 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
43 |
AND60279 |
Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IIIA |
2 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
44 |
AND60280 |
Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IIIB |
3 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
45 |
AND60281 |
Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IA |
2 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
46 |
AND60282 |
Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IB |
3 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
47 |
AND60283 |
Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IIA |
2 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
48 |
AND60284 |
Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IIB |
3 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
49 |
AND60285 |
Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IIIA |
2 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
50 |
AND60286 |
Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IIIB |
3 |
Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran |
51 |
AND60290 |
Modul Nusantara |
4 |
1. Mampu mengenali kebhinekaan yang ada di tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran; 2. Mampu merefleksikan pengalaman kegiatan kebhinekaan; 3. Mampu mendapatkan inspirasi untuk mendorong bersikap dan menghargai keberagaman yang ada di tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran; 4. Mampu memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat di tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran. |