DAFTAR MATA KULIAH REKOGNISI DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN BENTUK PEMBELAJARAN PADA LEMBAGADI LUAR PERGURUAN TINGGI

No

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

SKS

Capaian Pembelajaran

Bentuk Pembelajaran Magang Bersertifikat

1

AND60201

Organisasi Perusahaan

2

1.    Mampu mendeskripsikan keterkaitan antara visi, misi, tujuan dan sasaran perusahaan;

2.    Mampu menganalisis struktur organisasi perusahaan dalam mendukung visi, misi, tujuan dan sasaran;

3.    Mampu mendeskripsikan tata kelola unit kerja secara sistematis.

2

AND60202

Pelatihan Kerja

2

1.    Menguasai konsep-konsep yang menunjang jenis pekerjaan pada program magang;

2.    Mampu mengenali nilai-nilai inti (core values), sikap (attitude), softskills dan hardskills yang dibutuhkan untuk bekerja.

3

AND60203

Keterampilan Kerja

8

  1. Mampu mengaplikasikan teori dan konsep secara profesional pada jenis pekerjaan yang ditetapkan dalam magang;
  2. Mampu melaksanakan jenis pekerjaan yang ditetapkan pada program magang dengan tepat;
  3. Mampu bertanggungjawab, disiplin, jujur, berintegritas (etika dan moral), patuh terhadap aturan, dan menghargai keberagaman;
  4. Mampu menyelesaikan masalah dan bekerja sama dengan tim;
  5. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam melaporkan hasil pekerjaan;
  6. Mampu mengembangkan diri atau belajar sepanjang hayat (lif-long learning) untuk menguasai pekerjaan lebih baik.

4

AND60204

Sertifikasi Magang

2

Mampu melaksanakan suatu pekerjaan pada bidang tertentu secara terukur mencakup aspek kemandirian dan tanggung jawab individu selama program magang.

Bentuk Pembelajaran Membangun Desa/Nagari

5

AND60205

Pemetaan Potensi dan Permasalahan Desa/Nagari

3

1.    Mampu menganalisis sumber-sumber data primer dan sekunder yang ada di desa/nagari;

2.    Mampu mendeskripsikan potensi dan permasalahan yang ada di desa/nagari;

3.    Mampu bekerja sama dalam tim, melakukan komunikasi dan penyesuaian diri dengan masyarakat dan perangkat desa/nagari;

4.    Mampu bersikap sopan dan santun serta menghargai keberagaman yang ada di masyarakat;

5.    Mampu melaporkan hasil pemetaan potensi dan permasalahan desa/nagari secara lisan dan tulisan.

6

AND60206

Pembangunan Masyarakat

2

1.    Mampu mengenal masyarakat pedesaan/nagari;

2.    Mampu menjelaskan tentang proses sosial dan kelembagaan (desa/nagari dan pemukiman, struktur, nilai dan normal);

3.    Mampu menentukan faktor-faktor perubahan dan partisipasi dalam kelompok;

4.    Mampu menerapkan prinsip partisipasi dalam pembangunan;

5.    Mampu mengimplementasikan peran lembaga dan organisasi untuk melayani masyarakat desa/nagari;

6.    Mampu menyusun makalah tentang pembangunan masyarakat pedesaan/nagari

7

AND60207

Pengembangan Desa

6

1.    Mampu menerapkan teori dan konsep membangun desa/nagari pada jenis kegiatan yang ditetapkan dalam kegiatan membangun desa/nagari;

2.    Mampu merancang inovasi solusi permasalahan di desa/nagari;

3.    Mampu mengkomunikasikan inovasi yang telah dibuat bersama dengan perangkat desa/nagari, tokoh masyarakat dan masyarakat desa/nagari;

4.    Mampu mengelola pelaksanaan kegiatan yang dipilih dalam membangun desa/nagari mulai dari perencanaan sampai evaluasi kegiatan;

5.    Mampu bertanggung jawab, disipin, jujur, berintegritas (etika dan moral), patuh terhadap adat istiadat setempat, dan menghargai masyarakat dalam bekerja;

6.    Mampu bekerja sama dengan unsur-unsur masyarakat desa/nagari dalam melaksanakan kegiatan;

7.    Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam melaporkan hasil kegiatan.

Bentuk Pembelajaran Proyek Kemanusiaan

8

AND60208

Manajemen Proyek Kemanusiaan

3

1.    Mampu menjelaskan teori dan konsep manajemen proyek;

2.    Mampu menjelaskan sistem pengelolaan fungsional dan operasional proyek kemanusiaan  (planning, organizing, staffing, leading, controlling) yang efektif dan efisien.

9

AND60209

Metodologi Proyek Kemanusiaan

2

1.    Mampu menyusun perencanaan, pembiayaan, studi kelayakan, dan prosedur asesmen dalam kegiatan proyek kemanusiaan;

2.    Mampu melaksanakan pengorganisasian pihak pemerintah  dan non-pemerintah dalam kegiatan proyek kemanusiaan.

 

10

AND60210

Praktek Pemberdayaan Manusia

 

1.    Mampu manerapkan teori dan konsep manajemen proyek pada jenis kegiatan yang ditetapkan dalam proyek kemanusiaan;

2.    Mampu merancang solusi permasalahan sosial kemanusiaan;

3.    Mampu menyampaikan ide dan gagasan kegiatan proyek kemanusiaan kepada pihak-pihak berkepentingan;

4.    Mampu mengelola pelaksanaan kegiatan proyek kemanusiaan mulai dari perencanaan sampai evaluasi kegiatan;

5.    Mampu bertanggung jawab, disiplin, jujur, berintegritas (etika dan moral), patuh terhadap adat istiadat setempat, dan menghargai masyarakat dalam melaksanakan kegiatan;

6.    Mampu bekerja sama dengan semua pihak berkepentingan dalam melaksanakan kegiatan;

7.    Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam melaporkan hasil kegiatan.

Bentuk Pembelajaran Penanggulangan Bencana

11

AND60211

Manajemen Bencana

2

1.    Mampu menjelaskan defisini bencana;

2.    Mampu mengetahui siklus manajemen bencana: mitigasi, kesiapsiagaan, kedaruratan dan pemulihan bencana;

3.    Mampu mengidentifikasi jenis-jenis bencana;

4.    Mampu menjelaskan prinsip dasar pengurangan risiko bencana, mencakup: mengidentifikasi bahaya (hazard), kerentanan (vulnerability), kapasitas, dan keterpaparan (exposure);

5.    Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan manfaat jenis-jenis teknologi dalam penanggulangan bencana (sistem informasi dan komunikasi);

6.    Mampu menjelaskan dan menganalisis proses pemulihan bencana dari semua aspek kehidupan;

7.    Mampu menganalisis dan menjelaskan timbulnya bencana turunan pada peristiwa bencana.

12

AND60212

Mitigasi Bencana

3

1.    Mampu mensimulasikan upaya pengurangan risiko bencana pada beberapa kasus bencana dan dampaknya pada keberlanjutan kehidupan;

2.    Mampu melakukan tindakan penyelamatan, pemulihan dan pengurangan risiko bencana sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing;

3.    Mampu melaporkan secara tertulis kegiatan penyelamatan, pemulihan, dan pengurangan risiko bencana sesuai bidang ilmu masing-masing.

13

AND60213

Penanggulangan Bencana

6

1.    Mampu melaksanakan kegiatan penanggulangan pada masa pra bencana, tanggap darurat atau pasca bencana;

2.    Mampu bekerja sama dalam kegiatan penanggulangan pada masa pra bencana, tanggap darurat atau pasca bencana;

3.    Mampu melakukan komunikasi dengan segala pihak yang terlibat;

4.    Mampu bertanggung jawab, empati, dan peduli terhadap permasalahan pada saat penanggulangan bencana.

Bentuk Pembelajaran Kegiatan Wirausaha

14

AND60214

Pengantar Bisnis

2

1.    Mampu mengetahui teori dan konsep dasar bisnis;

2.    Mampu membedakan bentuk-bentuk bisnis perorangan dan usaha;

3.    Mampu menyerap inspirasi tentang dunia bisnis dan operasionalnya;

4.    Mampu menjelaskan proses legalitas usaha dan perusahaan.

15

AND60215

Manajemen Bisnis

3

1.    Mampu menjelaskan teori dan konsep dasar ilmu manajemen;

2.    Mampu menjelaskan manajemen pemasaran;

3.    Mampu menjelaskan manajemen keuangan bisnis;

4.    Mampu menjelaskan manajemen personalia bisnis;

5.    Mampu menjelaskan manajemen leadership dalam bisnis;

6.    Mampu menjelaskan teori dan konsep dasar etika bisnis;

7.    Mampu menjelaskan manajemen operasional bisnis;

8.    Mampu menyusun makalah tentang core values dan attitude serta softskills yang mendukung leadership dalam berbisnis.

16

AND60216

Pemasaran Digital

2

1.    Mampu menjelaskan teori dan konsep dasar pemasaran;

2.    Mampu membedakan antara pemasaran conventional dan pemasaran digital.

17

AND60217

Keuangan Bisnis

3

1.    Mampu menjelaskan teori dan konsep dasar keuangan bisnis;

2.    Mampu membukukan keuangan bisnis;

3.    Mampu menyusun sumber dan pelaporan keuangan usaha;

4.    Mampu menghitung neraca rugi laba.

18

AND60218

Analisis Lingkungan Usaha

2

1.    Mampu menganalisis peluang suatu jenis kegiatan wirausaha inovatif dan menguntungkan;

2.    Mampu memetakan segmen pasar dari produk kegiatan wirausaha yang akan dilakukan.

19

AND60219

Studi Kelayakan dan Rencana Bisnis

3

1.    Mampu merencanakan legalitas pasar;

2.    Mampu merencanakan keuangan usaha;

3.    Mampu merencanakan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam usaha;

4.    Mampu merencanakan teknologi yang digunakan dalam usaha;

5.    Mampu merencanakan perizinan usaha;

6.    Mampu memproyeksikan usaha;

7.    Mampu mendesain suatu jenis kegiatan wirausaha;

8.    Mampu mengkomunikasikan rencana bisnis secara lisan dan tulisan.

20

AND60220

Praktek Wirausaha

5

1.    Mampu menjalankan praktek wirausaha sesuai dengan desain kegiatan wirausaha;

2.    Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil wirausaha secara lisan dan tulisan.

Bentuk Pembelajaran Proyek Independen

21

AND60221

Sistem dan Inovasi

2

1.    Mampu menjelaskan komponen atau elemen yang saling berinteraksi dalam membangun produk/karya inovatif;

2.    Mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam memberikan nilai tambah dalam sebuah produk/karya inovatif.

22

AND60222

Metodologi Penelitian Pengembangan

2

1.    Mampu memilih rancangan yang tepat dalam proyek dan pengembangan untuk menghasilkan produk/karya inovatif;

2.    Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data hasil proyek independen.

23

AND60223

Rencana Proyek dan Pengembangan

2

1.    Mampu merumuskan gagasan dalam sebuah rencana proyek dan pengembangan produk/karya inovatif;

2.    Mampu bekerja sama dalam tim dengan pembagian tugas dalam merencanakan proyek dan pengembangan produk/karya inovatif.

3.    Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

24

AND60224

Produk/Karya Inovatif

8

1.    Mampu menerapkan teori dan konsep dalam proyek independen dan pengembangan produk/karya inovatif;

2.    Mampu melaksanakan kegiatan proyek dan pengembangan produk/karya inovatif berdasarkan metodologi yang telah direncanakan;

3.    Mampu bekerja sama dalam tim dalam pelaksanaan proyek dan pengembangan untuk menghasilkan produk/karya inovatif;

4.    Mampu menampilkan produk/karya inovatif dalam ajang kompetisi pada tingkat nasional dan/atau internasional.

Bentuk Pembelajaran Asistensi Riset/Penelitian

25

AND60225

Keselamatan Laboratorium/Bengkel/ Studio/Lapangan

2

1.    Mampu bersikap hati-hati dalam melakukan kegiatan asistensi riset/penelitian;

2.    Mampu berperilaku yang memenuhi standar aspek-aspek keselamatan kerja di laboratorium/bengkel/ studio/lapangan.

26

AND60226

Operasional Instrumen Riset

2

Mampu mengoperasikan peralatan-peralatan dasar yang umumnya digunakan dalam kegiatan-kegiatan eksperimen/observasi/survei di laboratorium/bengkel/studio/lapangan

27

AND60227

Analisis Data Eksperimen/Observasi/ Survei

2

Mampu menggunakan instrumen-instrumen, perangkat (tools) dan perangkat lunak (software) analisis terhadap data yang dihasilkan dalam kegiatan riset/penelitian

28

AND60228

Asistensi Riset

6

1.    Mampu menerapkan teori dan konsep riset/penelitian pada jenis pekerjaan yang ditetapkan dalam asistensi riset/penelitian;

2.    Mampu melaksanakan jenis pekerjaan yang ditetapkan dalam asistensi riset/penelitian;

3.    Mampu bertanggung jawab, disiplin, jujur, berintegritas (etika dan moral), patuh terhadap aturan, dan menghargai keberagaman tempat asistensi riset/penelitian;

4.    Mampu menyelesaikan masalah dan bekerja sama dengan tim dalam melaksanakan pekerjaan asistensi riset/penelitian;

5.    Mampu mengembangkan diri atau belajar sepanjang hayat (life-long learning) untuk menguasai pekerjaan dengan lebih baik selama asistensi riset/penelitian.

29

AND60229

Komunikasi Ilmiah

2

Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian secara lisan dan tulisan dalam suatu forum dan/atau media publikasi sesuai bidang yang bersangkutan dengan norma dan kaidah ilmiah yang diakui secara universal

Bentuk Pembelajaran Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan

30

AND60230

Media Pembelajaran

2

1.    Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang media pembelajaran yang mencakup: pengertian, fungsi, jenis, dan karakteristik media pembelajaran;

2.    Mampu memilih jenis media, membuat desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran, terutama media pembelajaran yang berbasis ICT;

3.    Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan pemahaman tentang media pembelajaran.

31

AND60231

Desain Pembelajaran

2

1.    Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang desain pembelajaran yang mencakup komponen dan proses penyusunan perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum dan metode, model, dan pendekatan pembelajaran yang inovatif;

2.    Mampu memilih model/metode/ pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan dalam pembelajaran;

3.    Mampu merancang sebuah perangkat pembelajaran berdasarkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di kelas;

4.    Mampu memodifikasi model pembelajaran secara aplikatif dan inovatif;

5.    Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan pemahaman tentang desain pembelajaran

32

AND60232

Evaluasi Pembelajaran

2

1.    Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang evaluasi pembelajaran yang meliputi: konsep dasar pengukuran dan evaluasi dalam pembelajaran, jenis-jenis instrumen penilaian, karakteristik dan kriteria instrumen penilaian yang baik, dan pengolahan skor;

2.    Mampu merancang instrumen penilaian untuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan;

3.    Mampu merancang dan menggunakan rubrik penilaian;

4.    Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan pemahaman tentang evaluasi pembelajaran.

33

AND60233

Telaah Kurikulum Satuan Pendidikan

2

1.    Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang kurikulum satuan pendidikan yang meliputi minimal: standar kompetensi, standar isi, standar proses, dan standar penilaian;

2.    Mampu menelaah silabus kurikulum;

3.    Mampu merancang perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah silabus yang mencakup minimal: indikator, materi, strategi pembelajaran, penilaian, media, dan sumber belajar;

4.    Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan pemahaman tentang kurikulum satuan pendidikan.

34

AND60234

Praktek Lapangan Pembelajaran

8

1.    Mampu merencanakan pembelajaran pada satuan pendidikan;

2.    Mampu melaksanakan pembelajaran pada satuan pendidikan;

3.    Mampu melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran pada satuan pendidikan;

4.    Mampu mengkomunikasikan laporan pelaksanaan asistensi mengajar secara lisan dan tulisan.

35

AND60235

Metodologi Penelitian Pendidikan

2

1.    Mampu menjelaskan konsep teoritis tentang metodologi penelitian pendidikan yang meliputi penelitian pengembangan, penelitian eksperimen semu, dan penelitian tindakan kelas;

2.    Mampu merancang suatu penelitian tindakan kelas;

3.    Mampu melaksanakan suatu penelitian tindakan kelas;

4.    Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian tindakan kelas secara lisan dan tulisan.

36

AND60236

Pembelajaran Mikro

2

1.    Mampu menjelaskan konsep teoritis keterampilan dasar mengajar;

2.    Mampu merancang rencana pembelajaran berdasarkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan;

3.    Mampu merancang media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan;

4.    Mampu mengimplementasikan semua perangkat pembelajaran;

5.    Mampu menerapkan keterampilan dasar mengajar secara utuh dan terintegrasi;

6.    Mampu mengelola kelas.

Bentuk Pembelajaran Studi Independen

37

AND60237

Praktek Studi Independen

4

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran.

38

AND60238

Sertifikasi Studi Independen

2

Mampu melaksanakan kegiatan studi independen dengan baik pada bidang studi tertentu mencakup aspek kemandirian, kerja tim dan tanggung jawab individu selama kegiatan studi independen

Mata Kuliah Rekognisi lainnya

39

AND60275

Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IA

2

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

40

AND60276

Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IB

3

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

41

AND60277

Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IIA

2

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

42

AND60278

Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IIB

3

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

43

AND60279

Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IIIA

2

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

44

AND60280

Kapita Selekta Bidang Sosial dan Humaniora IIIB

3

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

45

AND60281

Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IA

2

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

46

AND60282

Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IB

3

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

47

AND60283

Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IIA

2

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

48

AND60284

Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IIB

3

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

49

AND60285

Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IIIA

2

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

50

AND60286

Kapita Selekta Bidang Sains dan Teknologi IIIB

3

Capaian pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh mitra pembelajaran, IDUKA yaitu Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, yang mencakup unsur kognitif, psikomotorik, sikap dan softskills sebagaimana dirancang dalam modul pembelajaran

51

AND60290

Modul Nusantara

4

1.    Mampu mengenali kebhinekaan yang ada di tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran;

2.    Mampu merefleksikan pengalaman kegiatan kebhinekaan;

3.    Mampu mendapatkan inspirasi untuk mendorong bersikap dan menghargai keberagaman yang ada di tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran;

4.    Mampu memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat di tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran.